Muhammad Dito

Ide dan Coretan Sederhana

Tips Agar Tangan Tidak Berbau Setelah Makan Pecel Lele

Cuci tangan setelah makan pecel lele / pecel ayam memang wajib. Tapi hal ini selalu jadi hambatan. Kenapa?

  • Nggak ada kran / air mengalir.
  • Nggak ada sabun.

Padahal, cuci tangan sehabis makan di warung lesehan sangat mudah. Tidak perlu sabun atau hand sanitizer. Cukup gunakan peralatan yang disediakan ibu / mas-mas warung lesehan.

Banyak orang yang tidak tahu cara cuci tangan yang bersih plus wangi setelah makan pecel lele. Akibatnya, aroma lele dan ayam masih menempel di telapak tangan dan jemari.

Alat & Bahan Cuci Tangan di Warung Lesehan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan tangan di warung pecel lele tidak banyak. Hanya perlu 3:

  • Air kobokan / air cuci tangan yang disediakan
  • Tissue
  • Lemon basil atau kemangi

Semuanya bisa didapatkan gratis kalau kita beli makan di warung lesehan tersebut. (Meskipun nggak beli pun sebenarnya kalau minta juga bakal diberi).

Tahap 1: Sebelum Makan

Untuk membersihkan tangan dengan benar, perhatikan tahapan dari awal sebelum makan.

Ilustrasi pecel lele
Pecel Lele (Femina)

Biasanya lele / ayam akan dihidangkan bersama dengan lalapan. Di lalapan terdapat kemangi. Nah, singkirkan kemangi agar tidak bercampur dengan lele / ayam. Kemangi penting untuk wewangian cuci tangan nanti setelah makan.

Air kobokan mau dipakai / tidak sebelum makan bukan masalah. Yang penting, jaga agar air kobokan tidak kotor / terkena lemak / minyak pecel lele / ayam.

Tahap 2: Setelah Makan

Di sini waktunya kita cuci tangan. Ikuti langkah berikut:

  • Lap tangan pakai tissue. Pastikan kering dari lemak dan minyak. Jangan langsung memasukkan tangan yang kotor ke air kobokan karena akan mengontaminasi air kobokan.
  • Setelah tangan kering (dan tentu masih bau), ambil kemangi lalu diremas-remas. Ini agar wangi kemangi menempel ke seluruh tangan Anda, menggantikan bau lele / ayam.
  • Cuci tangan dengan air kobokan untuk membilas sisa kemangi yang menempel.
  • Alternatifnya, kita bisa celupkan kemangi ke air kobokan lalu diremas saat kemangi tercelup. Air akan membantu menghilangkan lemak serta melarutkan wangi kemangi agar semakin menempel di tangan.
  • Lap tangan pakai tissue.

Tangan Bau Kemangi

Tentu saja tangan sekarang jadi bau kemangi. Tapi ini jelas lebih baik daripada tangan bau ayam / lele. Jangan khawatir, bau kemangi ini lebih mudah hilang. Sehingga, lama-kelamaan tangan akan kembali normal (tidak berbau). Berbeda dengan bau ayam / lele yang akan terus menempel.

« »

© 2020 Muhammad Dito. Theme by Anders Norén.