Ide dan Coretan Sederhana

Membaca Artikel Info Kesehatan di SehatQ

Info kesehatan di masa gila sekarang jelas sudah jadi kebutuhan pokok. Sedikit-sedikit kita jadi harus googling; “Aduh, hidung mampet nih, kenapa ya?!” Lalu, jeder, Anda kena Covid, kata Google.

Ya itu sih kalau kita mendapatkan info kesehatan dari situs abal-abal / situs yang bukan khusus membahas soal kesehatan. Baca info yang tidak benar jelas tambah bikin parno.

Saya tentu menghindari hal-hal semacam itu. Saat hasil pencarian muncul, saya selalu pastikan kalau situs sumber informasinya terpercaya. Salah satunya info kesehatan di SehatQ.

Saat membuka halaman Artikel Kesehatan di SehatQ, muncul 10 judul artikel terbaru di tiap halaman. Saya lihat jumlah halamannya: 977. Artinya, SehatQ sudah punya 9770 artikel tentang kesehatan. Banyak sekali!

Ini yang saya temukan saat menjelajahi halaman artikel kesehatan SehatQ:

Artikel Mudah Dipahami

Ini yang penting: artikel yang ditulis singkat tapi jelas, sehingga mudah dipahami. Mungkin banyak situs kesehatan lain yang menulis artikel secara terlampau padat. Bagus sih, tapi kemudian jadi terlalu panjang.

Artikel info kesehatan di SehatQ justru ringkas sehingga saya langsung menemukan apa yang saya cari. Misalnya, saat membaca artikel berjudul “Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok, Ampuhkah?”, saya ingin tahu dua hal: 1) apakah minyak zaitun efektif mengatasi rambut rontok; dan 2) kalau iya, bagaimana cara pakainya?

Dan itulah yang ditulis di sana. SehatQ menulis: 1) manfaat minyak zaitun untuk rambut; 2) cara merawat rambut rontok dengan minyak zaitun; dan 3) siapa saja yang cocok pakai minyak zaitun.

Mungkin kalau di situs lain, informasi tersebut tetap bakal saya dapatkan. Tapi, kemungkinan saya akan dijejali dahulu dengan informasi tambahan seperti sejarah minyak zaitun, kandungan minyak zaitun (nama unsur-unsur kimianya), sampai jenis-jenis minyak zaitun.

Saya bakal lebih pintar, sih. Tapi kan informasi tersebut belum saya butuhkan. Saya jadi overwhelmed.

Info Kesehatan SehatQ Bukan Hanya Soal Kesehatan Fisik

Ini yang masih kurang saya ingat; bahwa kesehatan tidak melulu soal fisik. Ada kesehatan fisik, mental, spiritual, sosial, dan (mungkin) lainnya. SehatQ pun memberi info kesehatan soal ini.

Ada artikel yang soal kecerdasan sosial yang sangat menarik. Setelah membacanya, saya jadi tahu bahwa kecerdasan sosial itu bukan trait bawaan; ia bisa diasah. Misalnya, yang dulunya pendiam dan malu, bisa saja di masa depan bakal jadi social butterfly dan dikenal banyak orang.

Ada lagi tulisan menarik soal teori Pavlov. Sebuah teori psikologi soal pengondisian kebiasaan. Saya tidak paham banyak soal psikologi (bahkan tahu sangat sedikit). Tapi, artikel ini membantu saya mengerti soal teori Pavlov, yang intinya bahwa kebiasaan dapat diubah dengan mengubah hal-hal yang dapat memancing kebiasaan tersebut muncul.

Tidak Hanya Artikel Info Kesehatan

Selain info kesehatan, SehatQ juga punya banyak layanan lainnya.

Artikel-artikel di SehatQ sangat banyak dan beragam. Sehingga, sangat bermanfaat untuk sengaja membuka dan membaca halaman info kesehatan SehatQ (tidak hanya mampir kalau sedang googling).

Saya sendiri sih suka membaca Wikipedia dan terdampar di labirin-hutan informasi dan pengetahuannya. Saat membaca artikel-artikel di SehatQ, sensasi yang saya dapatkan sama. Bedanya, di sini, semuanya soal kesehatan, sehingga dapat diterapkan langsung.

Namun, sebagai platform kesehatan digital / telemedicine, SehatQ tidak hanya menulis artikel info kesehatan. SehatQ juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter, beli obat, beli alat kesehatan (masker, timbangan, termometer, dan lainnya), sampai direktori rumah sakit terdekat.

Kesehatan memang hal paling penting, apalagi di masa pandemi ini. Tapi, yang tidak kalah penting juga: tahu dan paham soal kesehatan dari sumber yang terpercaya. SehatQ adalah salah satunya.

« »
%d bloggers like this: