Ide dan Coretan Sederhana

APYouthS Annual Documentation 2020: Tantangan Akhir Tahun

APYouthS Annual Documentation adalah dokumentasi akhir tahun Asia-Pacific Youth Service, dan menyusunnya jadi tantangan buat saya. Menantang, tapi menyenangkan.

Sebelumnya, apa sih annual documentation ini? Apa sih APYouthS? Siapa sih saya?

Asia-Pacific Youth Service (APYouthS)

logo APYouthS

Asia-Pacific Youth Service (APYouthS) adalah komunitas sharing informasi untuk pemuda-pemuda di Asia Pasifik (khususnya Indonesia) agar mendapatkan peluang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan nasional maupun internasional.

Itu sih dulu. Sekarang, APYouthS sudah berkembang tidak hanya menyebar informasi tapi juga mengadakan berbagai even. Rencananya online maupun offline, tapi ya Covid memang sialan, jadinya kami mengadakan berbagai even online saja 2020 ini.

Apa saja evennya? Selain webinar, kita juga mengadakan Live IG, article submission, open donation, dan banyak lainnya.

Lengkapnya di Annual Documentation!

APYouthS Annual Documentation 2020: “A Year We Did Many”

Annual Documentation APYouthS ini berjudul A Year We Did Many. Kami ingin membangun kesan sekaligus menyemangati diri sendiri bahwa meskipun 2020 adalah sebuah kegilaan, namun kami tetap dapat berbuat banyak.

Dokumentasi ini memuat banyak hal. Selain rangkuman berbagai kegiatan kami, juga menampilkan profil kami, sejarah, pencapaian, dan harapan kami untuk masa depan APYouthS.

Nah, sebagai Secretary, saya bertanggung jawab menyusun dokumentasi ini. Waktunya mepet sih, soalnya saya sendiri yang tidak disiplin dengan deadline! Dan menurut saya, desain dokumentasi ini bisa jauh lebih baik jika saya kerjakan, katakanlah, sejak bulan Oktober. Sayangnya, APYouthS Annual Documentation ini cuma saya kerjakan 5 hari.

Untuk membacanya, dapat mengunjungi website APYouthS atau langsung ke linknya di sini.

“Terus kenapa aku harus download dan baca?”

Kalau ada yang punya komunitas / organisasi / perkumpulan / kongsi / perusahaan / koperasi / persekutuan / aliansi / kepanitiaan / dan kelompok lainnya, lalu punya acara / even / program / kegiatan / aktivitas dan ingin mendapat audiens, maka APYouthS dan komunitas digitalnya dapat membantu.

Jika ada yang memerlukan bantuan dalam menyelenggarakan acara, atau butuh bantuan dalam mencari pembicara / pengisi acara / narasumber / MC / moderator, APYouthS pun dapat membantu.

Apalagi, komunitas APYouthS pun sudah se-Asia-Pasifik.

Intinya, kalau Anda seorang pemuda, atau berfokus pada pemuda, dan ingin menambah jaringan dan partisipasi, nah di situlah APYouthS dapat membantu.

Jika tertarik, APYouthS bisa dihubungi lewat email atau Instagram. Cek juga sosial media APYouthS lainnya seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn.


Ah, seharusnya tulisan ini lebih berbicara soal tantangan saya dalam menyusun dokumentasi ini, kan? Namun, seminggu sudah berlalu sejak dokumentasi ini terbit. Dan saya sudah lupa bagaimana menantangnya membuat dokumen ini.

Pertama, mungkin karena saya senang melakukannya, sehingga meskipun menantang (baca: menyulitkan), saya tidak menganggapnya beban. Jadi, yang saya ingat hanya keasyikan mendesain dan menarasikannya.

Kedua, mungkin karena saya tipe orang yang suka melupakan hal yang sudah lalu. Apalagi yang berat-berat dan tidak mengenakkan. Bukankah seperti itu lebih baik?

Jadi, tentang penyusunan Annual Documentation APYouthS ini: menyenangkan!

« »
%d bloggers like this: