Ide dan Coretan Sederhana

10 Channel YouTube Keren

Channel YouTube sangat banyak. Dari yang — menurut saya pribadi — kurang bermanfaat yang isinya prank atau buat konten clickbait sampai channel-channel yang memang bagus dan bermanfaat.

Karena saya pakai XL yang punya kuota khusus YouTube, maka praktis kegiatan saya setiap malam adalah nonton YouTube. Saya kira-kira sudah subscribe hampir 100 lebih channel. Ada 10 yang bisa saya rekomendasikan buat kalian tonton, yang mungkin juga lebih sering saya tonton dibanding channel yang lain.

Apa saja?

CrashCourse

Bisa dibilang adalah channel teratas yang sering saya tonton. Favorit? Belum tentu. Tapi, akhir-akhir ini saya banyak tonton playlist CrashCourse yang membahas soal World History. Tepatnya, saya nonton ulang karena pernah saya tonton beberapa tahun yang lalu.

CrashCourse World History 2 episode 16: “Islam and Politics”

Faktanya, channel ini sudah cukup tua. Series World History nya saja pertama kali saya tonton waktu SMA (sekitar 7 tahun yang lalu). Channel ini berisi series-series yang menjelaskan berbagai subjek seperti sejarah (World History), Philosophy, Biology, Literature, Mythology, sampai Film Science. Oh ya, host untuk World History (dan series bertema sejarah lain) adalah John Green, penulis The Fault in Our Stars dan Paper Towns.

Vox

(Jangan keliru dengan Fox). Channel ini juga membahas banyak, mulai dari berita, politik (utamanya politik AS), peristiwa dunia, fakta unik, trivia, dan lain-lain. Mereka juga sedang menggarap series untuk YouTube Premium berjudul Glad You Asked, yang isinya penjelasan mengenai hal-hal yang sering jadi pertanyaan kita sehari-hari.

Salah satu video Vox tentang sejarah kata “ok”

Hal yang jadi catatan saya untuk Vox adalah posisi politiknya yang bias anti-Trump. Yah, meskipun kebebasan politik di AS memang besar, jadi wajar saja kalau channel ini terang-terangan menolak atau mengkritik Trump (yang memang harus diakui bahwa kebijakan atau perilaku Trump suka diluar batas wajar seorang presiden AS).

Monstrum

Monstrum ini channel baru. Membahas satu subjek khusus sesuai namanya: monster. Channel ini membahas makhluk-makhluk yang ada dalam mitologi, folklore, legenda, dan dongeng-dongeng masyarakat di berbagai belahan dunia.

Salah satu episode Monstrum tentang Manananggal, monster mirip Kuyang dari Filipina

Monster-monster ini diceritakan bukan hanya secara mistis tapi juga secara historis (bagaimana sejarahnya), kultural (bagaimana kondisi masyarakat tempat mitos itu muncul), dan saintifik (faktor alam apa yang mendorong masyarakat menciptakan kisah monster itu). Sebuah channel yang menurut saya unik karena sangat jarang suatu mitos dibahas secara dalam dari berbagai aspek.

PBS Eons

PBS Eons adalah channel yang membahas soal bumi dan makhluk hidupnya. Uniknya, channel ini membahas bukan makhluk hidup zaman sekarang tapi tentang nenek moyang makhluk-makhluk hidup tersebut. Pendekatan yang dipakai adalah evolusi.

Ternyata manusia kerdil (yang jadi inspirasi Hobbit) pernah hidup di pulau Flores, Indonesia

PBS Eons ini menarik karena membuat kita tahu banyak tentang nenek moyang makhluk hidup di bumi. Mulai dari dinosaurus sampai nenek moyang manusia.

AustinMcConnell

Channel ini milik pribadi, seorang pria bernama Austin Mc Connell. Praktis, isi channel nya ya sembarang: mirip seperti vlog. Tapi video-videonya diedit dengan bagus. Hal-hal yang dibahas juga unik dan jarang dibahas di channel lain.

Tutorial selamat dari kerusakan parasut saat terjun bebas oleh Austin Mc Connell

It’s Okay to Be Smart

Mirip seperti PBS Eons, It’s Okay to Be Smart juga adalah channel tentang sains. Bedanya, selain membahas biologi, channel ini juga membahas soal pengetahuan lain seperti fisika, sedikit ekonomi, ruang angkasa, dan sejarah.

Kenapa condiment di meja makan hanya garam dan merica?

Channel ini dihost oleh Joe Hanson. Saya sih nggak tahu dia siapa, tapi cara pembawaannya bagus dan cukup membuat kita paham tentang subjek yang dibicarakan.

Great Big Story

Entah kenapa, setiap saya menonton Great Big Story, feel yang saya rasakan seperti sedang di luar negeri. Great Big Story adalah channel yang berisi kumpulan cerita-cerita singkat tentang manusia dan kegiatannya di berbagai belahan dunia. Pembawaannya ringan dan durasi videonya singkat (tidak sampai 5 menit).

Video tentang restoran Indonesia yang jadi restoran terkecil di New York

Nativlang

Nativlang adalah channel untuk “language nerd”. Channel ini membahas tentang bahasa, tapi bukan untuk dipelajari (dalam artian belajar berbicara bahasa tertentu) tapi mengenai bahasa itu sendiri. Naratornya sendiri sepertinya adalah linguist, atau setidaknya orang yang pernah belajar linguistik.

Sejarah huruf: kenapa ada huruf kapital (huruf besar) dan huruf kecil?

Pembahasan video ini bermacam-macam, misalnya tentang bunyi bahasa-bahasa kuno, sejarah bahasa, sampai keanehan-keanehan bahasa di seluruh dunia.

Geography Now

Channel ini dulu favorit saya (dan sekarang juga mungkin, tapi sedang jarang nonton). Geography Now membahas profil negara-negara di dunia, mulai dari A (Albania) sampai nanti Z (Zimbabwe, tapi belum sampai sini). Selain itu, channel ini juga membahas arti lambang negara dan bendera negara di dunia.

Episode Geography Now tentang Indonesia

Atlas Pro

Channel ini menarik karena membahas subjek dari segi geografis. Bahasannya tentang biologi, ekologi, geologi, dan hal lain yang berhubungan. Animasi Atlas Pro juga bagus, pembawaannya ringan dan santai meskipun video nya panjang. Kalian mungkin sedikit overwhelmed setelah menonton karena dalam satu video ada banyak informasi yang kalian dapat.

Cara membaca bintang untuk navigasi

Apakah Beneran Keren?

Tentu, menurut saya. YouTube bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar dan dapat pengetahuan baru. Iya, saya juga sering nonton/denger musik di YouTube. Bahkan saya juga sering sengaja search video lucu atau receh di YouTube kalau tidak ada kerjaan.

Tapi, adanya channel-channel ini sangat membantu kita belajar secara gratis (cuma bayar kuota). Bahkan, pengetahuannya mungkin tidak kita dapat di sekolah atau institusi pendidikan formal lainnya. Siapa tahu dengan menonton channel-channel ini akan mendorong kita untuk ikutan bikin channel-channel YouTube yang bermanfaat juga.

Channel YouTube ini semua bahasa Inggris. Lain kali akan saya kasih tahu channel-channel YouTube berbahasa Indonesia yang juga saya subscribe!

« »
%d bloggers like this: